Positif Negatif Posisi Anak Dalam Keluarga


· ANAK SULUNG

Anak sulung selalu diharapkan menjadi panutan bagi adik-adiknya tetapi hal itu dapat membuat si sulung dapat berbagi pengalaman kepada adiknya agar mereka tidak melakukan kesalahan seperti yang dia telah lakukan. Sering diminta untuk menjaga adik dan memiliki tanggung jawab yang lebih besar membuat anak sulung belajar bahwa dia dapat menjaga dirinya sendiri dan juga orang lain sehingga dapat membentuk karakter seperti seorang pemimpin. Jika melakukan sebuah kesalahan maka di sering mendapat omelan paling besar, hal itu membuat dia melakukan sesuatu dengan hati-hati dan memikirkan resiko apa yang akan ditaggung nantinya. Yang terakhir adalah sering mengalah, kadang si sulung sering merasa kesal karena dirinya sering diminta untuk mengalah dengan adik-adik, tetapi positifnya dia dapat belajar untuk bersabar.

· ANAK TENGAH
Kadang adik lebih di dahulukan dibanding dengannya tetapi ini yang dapat membentuk seorang anak untuk lebih bisa mandiri. Ketika kakak dan adiknya memeliki kesukaan yang sama maka dia tidak merasa punya teman, jika sesautu yang dikerjakan salah maka akan dibandingkan dengan kakak atau adik tetapi ini dapat membuat dia untuk membuktikan bahwa iapun juga dapat melakukan yang lebih baik dari kakak ataupun adiknya.

· ANAK BUNGSU
Sering dimanja kadang membuat anak bungsu terganggu ketika beranjak remaja karena masih sering dianggap anak kecil oleh orang tua namun dia akan merasa dirinya selalu dilindungi. Yang paling membuat si bungsu kesal ketika dia diharuskan untuk menuruti kakak-kakaknya karena jika kakak menolak perintah orang tua maka orang terakhir yang kena adalah si bungsu. Selain itu karena masih dianggap anak kecil maka tidak dapat melakukan sesuatu yang dapat dilakukan oleh kakak misalnya menginap di rumah teman,dsb.

· ANAK TUNGGAL
Karena hanya menjadi anak satu-satunya di rumah maka ia akan memdapatkan apapun yang diinginkanya karena pasti akan dituruti oleh orang tua. Namun anak tunggal tidak akan memiliki teman berbagi cerita di rumah karena tidak memiliki teman boicara yang sebaya. Kepercayaan orang tua kepada anak tunggal biasanya kurang hal ini karena mereka khawatir jika akan terjadi sesuatu yang kurang baik nantinya sehingga anak tunggal akan memiliki sifat bertanggungjawab yang kurang.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Positif Negatif Posisi Anak Dalam Keluarga"

Posting Komentar